Kopi dan Hujan

Rain Dancing

Ini mendung yang sama seperti yang dulu pernah mengantarku padamu. waktu itu kau mengajakku pulang sebelum hujan datang.
aku berkata, jangan pulang. mendung ini terlalu gelap untuk kita lewatkan. pada akhirnya kau memang berdiam di dekatku. Kita menunggu mendung ini mengenalkan lebih jauh antara kau dan aku.
tapi sedetik sebelum hujan itu datang, kau tiba-tiba berlari pulang. katamu ada yang harus segera kau selesaikan. aku cepat-cepat memanggilmu untuk kembali tapi langkah kakimu jauh lebih cepat. akhirnya aku hanya diam dan beku melihat hujan melumat basah tubuhmu.

mendung yang sama kali ini, aku mengingatkanmu untuk jangan pulang lagi. tapi kau tak ambil peduli karena katamu kau mencintai hujan dan ingin mendekapnya untuk yang terakhir kalinya musim ini. lalu aku berkata, kenapa kau tak menikmati hujan ini bersamaku. kita bisa minum kopi sambil menceritakan hujan yang kemarin datang di kebun belakangku. lalu katamu, aku ingin hujan ini hanya jadi milikku sendiri. aku tak bisa membaginya denganmu hanya untuk segelas kopi.

kau berkata sambil melangkah pergi, diikuti hujan yang hanya mengikutimu sendiri. hujan terakhir musim ini, resmi hanya jadi milikmu. aku memandangimu dari teras ini sambil meminum kopi untukku sendiri. menikmati kau menari-nari, di tengah kolosal hujan yang katamu kau cintai. tapi tiba-tiba tubuhmu meleleh bersama hujan, lalu sebagianĀ  mulai mengalir ke lobang selokan di ujung jalan. pelan-pelan sampai akhirnya tubuhmu habis dan tinggal menyisakan segelas kopi, yang tampaknya bersama hujan tadi belum habis kau nikmati.

10 thoughts on “Kopi dan Hujan

Leave a Reply

