Mimpi

dream

telah banyak saya curahkan waktu dalam hidup saya untuk memaknai satu kata itu. “MIMPI”… baik mimpi yang benar-benar mimpi, maupun mimpi yang merupakan istilah lain dari harapan.. cita-cita… atau juga target untuk sebuah usaha jangka panjang.

sebenarnya saya sangat suka berkeluh kesah tentang mimpi yang tetap saya pegang teguh. hingga saat ini saya memiliki dua mimpi yang saya peluk erat-erat.

menjadi penulis, dan menjelajah dunia (travelling)

impianbig

 

ya… itu saja. catatan yang ada di tangan saya adalah : yang nomor satu belum tersentuh, nomor dua sudah sedikit.

karena kedua mimpi itu saya sering dilanda gundah. lalu gelisah dan akhirnya pasrah. lalu tanpa keraguan saya berani-beraninya berkeluh kesah.

pernah saya berpikir : andai saya tidak memiliki target atau harapan apa pun dalam hidup saya, tentu saja saya akan bahagia, aman dan sentosa. tidak ada beban,

ya. benar!  lalu jika setiap hari saya bekerja, memanfaatkan waktu di depan laptop, berurusan dengan tetek-bengek urusan kerjaan, bertemu dengan nasabah, dan pulang-pergi rumah-kantor, tanpa memikirkan kedua mimpi saya, pasti hidup saya akan lebih fokus dan terurus dengan apa-apa yang ada di kedua mata saya tanpa ada ekspektasi tentang kemungkinan di sebuah hari yang belum jelas!

impianmu

mimpi.

gara-gara mimpi saya sering mendapatkan masalah! saya pernah kehilangan minat kerja hanya gara-gara ingin menyelesaikan satu saja draft awal sebuah -rencana- novel. namun draft itu tak pernah ada dan satu hari kerja saya divonis BOLOS karena saya lebih memilih draft impian itu ketimbang kerja.

gara-gara mimpi saya juga pernah berpikir : seharusnya saya tidak pernah sekolah atau kerja! saya lebih baik fokus menulis dan menulis setiap hari dalam hidup saya!

dan saya salah…

saya benar-benar salah.

salah satu sahabat saya paling tidak setuju dengan sebuah ‘pembenaran’. yaitu suatu keadaan di mana kau menemukan sebuah alasan yang membuktikan bahwa apa yang selama ini kau lakukan itu benar, apa pun hasilnya. tapi bagi sahabat saya itu, pembenaran sama saja dengan mencari-cari alasan agar tidak mau disalahkan.

dan pembenaran saya adalah, saya tidak pernah melakukan hal yang sia-sia. sesalah apapun itu. ya, kini saya mengerti : selalu ada kebenaran yang bisa diambil dari sebuah rencana yang tidak berjalan mulus (baca : kesalahan). saya salah memaknai kesalahan. saya selalu menganggap bahwa ketika kita salah, dunia berakhir. artinya : tinggalkan dan lupakan.

hari ini saya kembali meninjau kembali mimpi-mimpi saya. lalu dengan cara bersyukur, semuanya kembali menjadi indah. jiwa dan raga saya kembali dipenuhi oleh pemikiran-pemikiran optimis, untuk target-target yang kelihatan mustahil sekalipun. saya belajar bahwa saya bisa jadi apa saja : pengemis di jalanan, orang kantoran, pegawai restoran… semuanya ada di tangan saya.

jika saya setiap hari hanya menghabiskan waktu menulis dan sibuk mencari inspirasi, mungkin saya akan kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi. jika saya…

kemungkinan yang tidak terbatas adalah hasil dari pembicaraan mengenai kemungkinan. saya belajar bahwa setiap hari manusia tidak melewati harinya dengan sia-sia. kita selalu mendapatkan pengalaman baru, sekecil apapun itu. termasuk hari ini…

kini saya mengerti betapa bahagianya saya karena pernah menyesal memelihara mimpi. saya jadi tahu bahwa suatu saat saya akan pergi dari dunia ini, dan saya harus memiliki sesuatu selain nama untuk ditinggalkan. syukur saya bisa memantapkan hati dan memilih apa itu :

sebuah tulisan tentang MIMPI,

akhirnya saya sadar bahwa mimpi itu tidak datang menghampiri begitu saja. dia datang dengan disertai alasan. dan seakan memantapkan hati saya dengan slogan yang menyegel pikiran saya : tidak ada yang namanya kebetulan, bahkan Tuhan punya alasan untuk setiap helai daun yang jatuh

harapan

4 thoughts on “Mimpi

  1. Am i missing the translation of your words into English–where can I find them? You are a mystery to me that I would like to know more of…Photographs selected are awesome! I can only imagine the words are even more so!

    Like

    • Hi johannisthinking,
      no, you’re not missing the translation.. because its hidden. if you notice, in the top above the baby picture, there are 3 icon. the google translator is in there. check the left icon. the center icon is for fb, twitter and email, the right icon is for search.
      am sorry for your confuse.

      Acep

      Like

Leave a Reply

