PENGANTIN AL-QUR’AN

religious_islamic_books_pengantin

Reblog dari ; aabdulqodir.wordpress.com

Kalung Permata Buat Anak-anakku

Perkawinan dan memiliki naluri kasih-sayang adalah fithrah. Keterikatan antara seorang lelaki dan seorang perempuan merupakan kebutuhan setiap orang yang bersifat naluriah. Lebih dari itu, ia bahkan menjadi kebutuhan bagi kesempurnaan hidup manusia. Buku ini merupakan buah karya Prof. DR. Quraish Shihab, seorang pakar tafsir Indonesia yang terkenal dengan Tafsir Al-Mishbah-nya. Buku ini sebenarnya gabungan dari tiga buku nasehat untuk ketiga putri beliau.

Buku yang cukup menarik, berisi tentang nasehat-nasehat bagi pencari pasangan terbaik untuk hidup berkeluarga, nasehat-nasehat untuk membina rumah tangga sehingga seperti merasakan setiap hari menjadi pengantin. Buku ini memberikan banyak nasehat tentang menyikapi berbagai masalah dalam rumah tangga, menyikapi kehadiran buah hati, menyikapi godaan-godaan pihak ketiga, dan lain sebagainya.

Bicara Pernikahan dan berkeluarga, Insya Alloh setiap dari kita menginginkan itu, akan tetapi kapan waktunya Alloh Ta’ala yang tau, dan yakinlah ( harus yakin dong ) Alloh Ta’ala sudah menyiapkan saat yang tepat, dengan orang tepat bagi kita semua, termasuk aku juga, aamiin ( ngarep banget dot com ).

Buku ini oleh penulis sudah ditulis secara runtut sesuai bab-babnya, dimana terdiri atas 8 bab, dengan sub bab sebagai penjelasannya. Diantaranya mengenai interaksi antar manusia, tentang cinta, tata cara menikah, memelihara pernikahan, mendidik sang buah hati. Buku yang meninjau pernikahan bukan hanya dari segi syari’ah Islam akan tetapi dari segi psikologi juga.

Pengantin Al-Qur’an, oleh sang penulis ditujukan pada surat ke-55 yaitu surah Ar-Rohman, yang oleh penulis bahwa surat ini juga disebut Arus Al-Qur’an. Sungguh indah dan anggun surah itu, bukan saja dari susunan kalimat yang memesona, tetapi juga dari pesan-pesan bahkan kesan-kesan yang ditimbulkannya, karena surat ini di dalamnya, terdapat aneka hiasan dan pakaian indah, mutiara, permata, dan manikan, dialah sesungguhnya pengantin, dengan segala kenikmatan, keindahan, kebahagiaan, dan kesempurnaan ( hal. xii ).

Dalam tulisan beliau banyak referensi yang disajikan, tidak hanya referensi dari Al-Qur’an, tapi juga hadist dengan dilengkapi kisah-kisah Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa alihi wa sallam dan juga maqolah para ulama terdahulu seperti satu maqolah dari ulama besar Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah Rohimahulloh dalam pembukaan buku beliau yaitu “Karena cinta dan demi cinta, langit dan bumi diciptakan, dan atas dasarnya makhluk diwujudkan. Demi cinta seluruh planet beredar dan dengannya pula semua gerak mencapai tujuannya serta bersambung awal dan akhirnya. Dengan cinta semua jiwa meraih harapannya.”

Waduh, walau belum menikah bukan berarti gak boleh kan baca-baca buku kayak gini, sebagai media pembelajaran, dan yang pasti sebagai persiapan untuk ke depannya dan yang pasti kalau baca buku-buku kayak gini jadi pengen nikah aja, hehehe :D

Akhirnya di akhir buku di kutip sebuah do’a ayat Al-Qur’an sebagai penutup

Ya Alloh Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami, dari pasangan2 dan keturunan2 kami sebagai penyejuk2 mata kami ( Penenang hati ), dan jadikan kami teladan bagi orang-orang yang bertakwa.” ( QS. Al-Furqon : 74 )

Dan aku tambahkan sebuah doa juga ya

Ya Alloh Ya Tuhan hamba, berikanlah kepada hamba Hikmah (agar aku menjadi orang yang bijaksana) dan pertemukanlah aku dengan orang-orang yang shaleh ( pertemukan dengan istri yang sholihah maksudnya)”. ( QS Asy-Syura : 83 )

2 thoughts on “PENGANTIN AL-QUR’AN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s