MOHONKAN AKU

doa

Mohonkan aku dengan kata-kata hatimu yang suci, bukan dengan kata-kata dari bibir yang terus mencibir yang terlahir dari hati yang sebenarnya telah mati. Mohonkan aku dalam kesederhanaan waktumu, dalam pejaman mata dalam genggaman jari-jarimu, dengan sedikit tertunduk dan berada dalam kesadaran, bukan dengan mencuatkan dagu yang menyanjung keangkuhan dan berada dalam ketidakwarasan. Mohonkan aku dengan keheningan dirimu, bukan dengan hiruk pikuk dunia yang selalu membelah pikiranmu. Mohonkan aku dengan jiwamu yang tulus, setulus jantungmu yang berdetak tak terbebani. Mohonkan aku pada apa yang kau yakini, serulah dengan cinta dan arti, bukan dengan keputus-asaan yang hanya akan membuat jiwamu dirudung selalu oleh sunyi. Mohonkan aku saat kau tersenyum, meski hatimu sedang menangis dan mohonkan aku saat air mata itu menetes dan hatimu tersenyum dalam permohonan itu.

 MOHONKAN SAJA AKU

Tak perlu kau angkat tangan itu tinggi-tinggi, seolah-olah kau akan meraih langit dan menggapai bintang, sementara kau tak pernah yakin jika jiwamu dapat kau lepaskan dari pijakan bumi dan meninggalkan semua jasad duniawi. Tak perlu kau keraskan suaramu, bila yang terdengar hanya nyaringnya yang memecahkan keheningan, sementara makna dan ketulusan masih saja terbenam dalam kelam. Tak perlu kau tersungkur menyentuh tanah, sementara jiwamu terus menengadah menatap nafsu yang penuh sesak oleh amarah. Tak perlu kau curahkan airmata itu dan menggenangi lantai bumi jika yang kau tumpahkan adalah airmata penuh kepura-puraan, yang hanya menitikkan tetes-tetesnya yang penuh dengan sulaman benang-benang kepalsuan. Tak perlu kau lakukan semua itu, bila kau melakukannya penuh dengan keterpaksaan.

Leave a Reply

